KHASIAT TANAMAN KUMIS KUCING (TANAMAN BERKHASIAT)

KHASIAT TANAMAN KUMIS KUCING

INFO KESEHATAN - Kumis kucing merupakan tanaman yang berasal dari famili Lamiaceae/Labiatae. Menjadi salah satu tanaman obat yang mudah dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, fungsinya dalam menangani banyak penyakit telah terjamin.Di beberapa tempat, tanaman ini juga mendapat istilah lain seperti kidney tea plants/java tea, remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), songot koneng (Madura), dan giri-giri marah (Sumatera). Negara kelahiran tanaman ini diperkirakan dari daerah tropis seperti Afrika hingga menyebar pesat ke wilayah Asia dan Austrailia.
Manfaat Tanaman Kumis Kucing
Masyarakat lebih sering menggunakan tanaman kumis kucing untuk menjalani terapi pengobatan herbal. Jenis daun yang dipakai kadang basah ada juga yang kering, tergantung bagaimana resep yang diberikan oleh pakar pengobatan tradisional.

Di tanah air daun kumis kucing kering berguna sebagai peluruh air kemih (diuretik), dan dijadikan obat rematik oleh penduduk India di perkampungan. Selain itu, kegunaan tanaman kumis kucing secara empiris lain juga sebagai obat batuk, encok, masuk angin dan konstipasi.

Bagian daun kumis kucing bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Penggunaan luar juga memanfaatkan sifat antibakterinya, misalnya menghilangkan rasa gatal akibat alergi.

Keampuhan tanaman kumis kucing sebagai tumbuhan obat tak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin. Banyaknya kandungan tersebut membuat masyarakat tidak ragu dalam mengonsumsi buah ini sebagai obat dalam.Meracik obat berbahan dasar tanaman kumis kucing tidaklah sulit jika tahu panduan atau resepnya, oleh sebab itu tingkatkan konsentrasi Anda untuk membaca penjelasan berikut.

Obat Dari Tanaman Kumis Kucing
Agar artikel ini lebih bermanfaat untuk Anda, saya telah mengutip ramuan obat yang terbuat dari tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Sebelumnya perlu Anda ingat bahwa resep ini didapat dari banyak sumber online, jika Anda sedikit khawatir mencobanya cobalah tanyakan dulu pada dokter atau ahli pengobatan herbal mengenai kebenaran obat berikut.

Batu Ginjal
Petik daun kumis kucing hingga jumlahnya mencapai 3 genggaman tangan.Siapkan pula 5 lembar daun keji beling untuk tambahan bahan. Rebus ke dalam 2 gelas air kedua bahan tadi sampai mendidih dan tersisa satu gelas air.Minum rutin obat batu ginjal ini sehari 2 kali sampai Anda dikabarkan sembuh oleh dokter.

Kencing Batu
Petik 7 lembar daun kumis kucing dan 7 tanaman meniran.Rebus kedua tanaman dalam panci berisi 2 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelas.Minum obat kencing batu ini secara rutin dalam sehari sebanyak 3 kali.

Encok dan Asam Urat

Petik 5 helai daun kumis kucing dan 5 tanaman meniran.Rebus ke dalam 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas.Minum air rebusan yang merupakan obat encok dan asam urat ini sehari 3 kali sampai sembuh.

Keputihan
Siapkan satu genggam daun kumis kucing dan daun beluntas.Rebus bersama 1 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya.Ketika merebus, tambahkan juga 10 biji kemukus dan 1 sendok teh jintan hitam.Saat mendidih, angkat dan tunggu dingin. Minum obat keputihan herbal ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

Diabetes, Hipertensi, dan Pelancar Air Kencing
Siapkan 2 gelas air matang untuk merebus.Sediakan pula 2 genggam daun kumis kucing.Tuangkan air ke dalam panci, masukkan semua daun kumis kucing.Rebus sampai mendidih dan air tertinggal 1 gelas.Minum rutin obat ini sehari 1 kali sampai membuahkan hasil positif.

Melihat banyaknya manfaat tanaman kumis kucing untuk pengobatan tradisional menjadikan manusia sadar akan pentingnya merawat alam yang kaya dengan manfaat serta fungsi menjamin kelangsungan hidup seluruh manusia.Buah yang Merah Keunguan ini punya rasa yang Nikmat jadi tidak heran apabila banyak orang-orang yang suka pada Buah yang satu ini, Yup Buah Manggis Punya Nama Latin Garcinia mangostana yang mana Pohonya Sebagai pohon Hijau Langgeng yang hidup di Daerah Tropis yang mana orang mengakui Pohon ini datang dari Kepulawan Nusantara, punya Pohon yang dapat capai sampai 25 Meter. Selagi Masak Kulit buah manggis berwarana merah keunguan serta kadang kala kecoklatan sesaat itu Buah di dalamnya berwarna putih, serta ini banyak di Sukai banyak Orang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »